logo blog
logocooltext,cooltext
Selamat Datang Di Blog Harga Baru Bahan Bangunan
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Harga Baru Bahan Bangunan,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan referensi untuk proyek bangunan anda
informasi harga yang kami cantumkan tidak mengikat dan sewaktu waktu bisa berubah mengikuti situasi dan perkembangan jaman.

Lebih Murah mana memakai Bata Merah atau Bata Ringan?

Untuk membangun rumah tentunya anda membutuhkan material batu bata untuk pembuatan dinding rumah. Nah, kalau dulu kita hanya mengenal Batako dan juga bata merah sebagai pembuat dinding. Untuk sekarang ini ada pilihan/alternatif lain yaitu dengan menggunakan Bata Ringan. Pertanyaanya sekarang lebih hemat mana antara pemakaian Bata Merah dengan Bata Ringan? Kalau bata merah mungkin anda sudah tahu perhitungannya tapi untuk Bata Ringan mungkin masih awam karena material ini masih baru. Sebagai pertimbangan mari kita lihat saja perbedaan dan keunggulannya dari kedua bahan bangunan ini. 

Kelebihan memakai Bata Merah:
  1. Penerapannya atau aplikasinya sudah pada paham karena sudah terbiasa dengan pemakaian bata merah.
  2. Barangnya mudah didapat karena mungkin untuk daerah tertentu Bata Ringan cukup sulit didapatkan.
  3. Tidak harus memerlukan semen khusus, cukup menggunakan semen biasa saja yang sudah umum dijual di toko bahan bangunan, ditambah dengan pasir yang juga mudah didapatkan.
  4. Bisa dibuat bata ekspos agar kelihatan alami dan membuat hawa disekitarnya menjadi adem
Kelebihan memakai Bata Ringan:
  1. Penerapannya atau aplikasinya lebih mudah setelah dipelajari sebentar saja semua tukang dipastikan langsung bisa.
  2. Karena ukuran bata ringan lebih besar, sehingga waktu pengerjaan untuk membuat dinding atau bangunan akan lebih cepat selesai. Dengan demikian biaya tukang atau pekerjaan akan lebih hemat lagi.
  3. Tidak boros pasir dan semen karena bata ringan memakai semen perekat khusus yang ketebalannya cuma 3mm saja, sedangkan bata merah spesinya minimal harus 1cm dan umumnya 2cm.
  4. Permukaan dinding akan lebih rata karena ukuran bata ringan sangat presisi jadi plesteranpun bisa lebih tipis sehingga bisa menghemat lagi biaya pasir dan semen.
  5. Dinding lebih kokoh meskipun tidak diplester karena antara bata dan perekat menjadi senyawa tidak mudah copot dari sambungannya, Berbeda dengan dinding bata merah kalau tidak diplester akan mudah roboh kalau ada tekanan karena antara adukan dan bata daya rekatnya masih kurang sehingga bisa lebih mudah copot apalagi kalau kadar semennya kurang.
Setelah melihat perbandingan tersebut maka saya bisa menyimpulkan bahwa pemakaian bata ringan secara keseluruhan akan lebih hemat kalau dibandingkan dengan Bata Merah. Apalagi harga bata ringan sekarang ini jauh lebih murah karena sudah banyaknya distributor atau pabrik yang memproduksi bata ringan.

Advertiser

Enter your email address to get update from HargaBaruBB.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. HARGA BAHAN BANGUNAN TERBARU - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger